Solo Backpacker ke Eropa

Hay girls..

Eropa bagi sebagian orang adalah tempat yang di idam-idamkan namun juga menakutkan… loh kok menakutkan? emang disana makan orang?? atau disana banyak hewan buas. Trus kenapa diidam-idam kan gitu kalau menakutkan?? ya benua biru ini memiliki pesona Alam yang cukup menggoda di setiap negara nya. kehidupan disana yang kata nya “mahal” selangit dan juga penuh romantika. Benua ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat dunia. tak hanya wisata, Belajar juga menjadi negara tujuan utama bagi para mahasiswa yang haus ilmu. selain terlihat “keren” juga disana katanya terdapat “gudang ilmu”. universitas para ilmuan dunia berkumpul di benua biru tersebut. Namun yang lagi trend nya sekarang itu adalah “Backpacker”. tren ini sudah menjangkit di kalangan muda Indonesia untuk backpacker ke benua biru. Saya mengunjungi 6 negara dalam waktu 12 Hari. Rute yang saya jalani adalah Tokyo-Amsterdam-Brussel-Paris-Swiss(Zurich)-Munich-Praha-Tokyo

Trus apa yang menakutkan disana? mungkin perbedaan budaya yang tidak biasa membuat parno tersendiri sebelum melakukan perjalanan. perbedaan bahasa juga tak kalah membuat surut niat hati naak ingin bepergian. dan yang lebih penting adalah “perbedaan Harga” yang membuat sebagian orang makin menyurutkan niat untuk menjelajahi belahan bumi tersebut. namun demi mengikuti trend saat ini “BACKPACKER” dan kemudian dengan berbekal “keparnoan” tersebut saya memberanikan diri menjelajahi 6 negara dari benua biru. lagi trend disebut “solo backpacker”. Sebagai seorang muslimah dan memakai hijab, tak kalah menciutkan andrenalin saya untuk jadi seorang backpacker sejati.  tak hanya menakutkan. persiapan nya sangat mendebarkan.  persiapan apa aja sih yang diperlukan?? lansuung cuus aja guys…

  1. hunting Tiket

Hunting tiket ini bagian yang cukup mendebarkan. menentukan negara pertama yang akan dikunjungi. tiket ke eropa tuh sebaiknya dibeli 3 bulan sebelum. memilih negara mana yang akan dikunjungi ini juga harus mempertimbangkan kemungkinan Visa akan diterima. dan Visa yang sangat kecil kemungkinan nya di tolak adalah Netherland (belanda). Negara yang pernah menjajah indonesia ini sangat baik dalam menerima para pelancong dari Indonesia.

saya hunting ticket di skyscan*er.com. menurut saya web ini sangat bisa diandalkan untuk mencari tiket murah. dan Alhamdulillah dapat tiket PP dari Tokyo-Belanda 64.000 Yen. Note:  saya tinggal di Jepang. (tinggal di negeri penjajah dan main juga ke negera penjajah)hehehe.. cuma hati aja yang belum di jajah #curcol

Dengan pesawat ChatayPasific transit Hongkong.

2. Mencari Penginapan

Mencari penginapan (budget) backpacker juga tidaklah sulit. tapi saya memilih bo*kingdotcom untuk mencari penginapan selama di eropa. di Belanda saya nompang nginap di rumah orang Indonessia, sebenarnya bukan nompang sih, dia menyewakan satu kamar yang kosong untuk para pelancong. dan kebanyakan yang nginap dirumah nya orang Indonesia. jadi lumayan aman dan nyaman.

selain itu saya juga memakai airbnb untuk mencari perbandingan penginapan. dan di Paris saya menginap di airbnb sekitar 2 stasiun dari Tour d Eiffel..

3. Mendaftar Asuransi perjalanan

Untuk berwisata ke Eropa kita harus ikut asuransi. asuransi harus mengcover hingga 3000euro jika ada hal yang tidak diiginkan terjadi. biaya asuransi yang saya bayar untuk 6 negara selama 12 hari adalah 4500 yen atau sekitar 500.000 rupaiah.

4. Menyusun Itinerari

kenapa harus menyusun itinerary terlebih dahulu? padaha belum dapat Visa nya? karena untuk mengajukan Visa harus memperlihatkan Itin selama berada di eropa. dan Itinerary saya secara garis besar adalah

Amsterdam-Brussel-Paris-Zurich-Munich(nyasar)-Praha

untuk detil nya nanti saya jelaskan lagi di bab berikutnya :p

5. Mengajukan Visa

syarat pengajuan visa di Jepang tidak begitu sulit dibandingkan dengan ketika saya bandingkan dengan di indonesia(baca blog orang2). Di Indonesia sepertinya ada wawancara juga, bener ngga sih? saya mengajukan visa schengen di kedutaan Eropa di Tokyo. sebelum mengajukan visa siapkan dulu syarat-syarat nya.

adapun syarat2 yang dibutuhkan adalah

  • tiket Pesawat PP
  • Asuransi perjalanan
  • Itinerary selama di Eropa
  • Foto copi buku  Tabungan 3 bulan terakhir
  • Pasport
  • Pas Foto 2 lembar

sebelum datang untuk Apply visa kita harus ambil nomor antrian dulu d internet, dan menentukan jam apply nya. jadi tidak usah ngantri lagi, karena jam per orang sudah di tentukan. mengumpulkan semua berkas dan bayar uang visa 65euro sekita 8500 yen. dan kelar deh. 10 hari kemudian visa dikirim lewat pos. daaaaan Lets Explore Europe

 

gimana? ngga terlalu susah kan untuk melalang buana. yang diperlukan cuma mengumpulkan informasi sebanyak-banyak dan NEKAD adalah modal utama ๐Ÿ˜€ 

bersambung…….


 

 

 

Leave a Reply

