urang jopang

hari ini saya ingin bicara sedikit tentang orang-orang sekitar saya. ya mereka adalah “urang jopang”. setiap hari saya bergaul dan ngobrol dengan mereka. setiap hari menjalani hari-hari dengan mereka. mungkin waktu saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka ketimbang dengan orang-orang yang satu “hati” dengan saya.

kali ini saya ingin membahas tentang  “masalah” yang ada diantara kami. saya yang mungkin terlalu “amai” pada diri sendiri atau mereka yang memang bersikap tertutup dan memberi batas untuk bergaul dengan orang “asing” seperti saya. saya mungkin tipe orang yang selalu ingin berbagi dan bercerita dengan orang lain. tapi tak begitu dengan orang disekeliling saya. saya bercerita bertanya banyak hal dan meluapkan segala hal yang saya rasakan pada orang-orang di sekitar saya. saya sangat tidak suka memendam sesuatu dan membicarakannya dibelakang orang. tapi saya ternyata salah. tak semua orang suka dengan sifat blak-blak an saya. terutama orang Jepang. mereka lebih memillih untuk mengadakan sekat dengan siapa saja orang baru yang mereka temui. terlebih statusnya hanya “teman kantor”. mereka menganggap teman kantor adalah sebatas kenalan dalam urusan kerjaan. terlebih dari itu kita tidak ada hubungan.

mungkin dari sisi ini saya salut dan bangga dengan orang Indonesia yang mudah bergaul dan menganggap teman siapa aja yang baru kenal  saya merasa bangga dengan kehangatan pertemanan sebagai orang Indonesia. dari segi apapun. di lingkungan apapun jika mereka sudah saling kenal maka “kita adalah teman”. dan saya masih saja memegang prinsip seperti itu.

saya tidak tau yang mana yang baik dan yang mana sebaiknya yang saya jauhi. tapi saya tetap ingin menjaga sikap hangat ini. tapi mungkin saya harus hati-hati dengan te

Leave a Reply

